Beranda Pali Tengah Malam Kobaran Api Hanguskan Rumah Kuhapa

Tengah Malam Kobaran Api Hanguskan Rumah Kuhapa

REHAT.CO.ID – Rumah Kuhapa (56) warga Dusun 1 Desa Simpang Tais Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hangus terbakar dikala seluruh penghuni rumah terlelap tidur pada Rabu (19/9) tengah malam sekitar pukul 00.05 WIB.

Dari keterangan Erika Peru, kepala desa setempat bahwa penghuni rumah yang berjumlah sembilan orang saat api berkobar tengah tertidur pulas, beruntung ada salahsatu tetangganya mengetahui kobaran api kemudian berteriak meminta tolong warga lain untuk memadamkan api.

“Penghuni rumah saja tidak tahu adanya api yang melahap rumahnya. Mereka (penghuni rumah) terbangun ketika banyak warga yang membangunkannya, sehingga kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa,” ujar Kades.

Meski tidak ada korban jiwa, diakui Kades bahwa rumah semi permanen milik Kuhapa hanya tinggal puing-puingnya saja serta isi rumah tidak satupun yang bisa diselamatkan.

“Dalam rumah banyak barang-barang berharga, seperti dua unit sepeda motor serta barang-barang elektronik dan pakaian, semuanya hangus,” tukasnya.

Untuk penyebab kebakaran, dikatakan Kades belum diketahui secara pasti, namun diduga akibat adanya arus pendek aliran listrik.

“Api diketahui langsung membesar, jadi kami tidak mengetahui asal api dari mana. Warga langsung berjibaku berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, dan selang berapa lama, petugas pemadam kebakaran dari Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (DPBK) datang yang langsung memadamkan api sampai pendinginan,” jelasnya.

Dengan seringnya terjadi kebakaran akhir-akhir ini di wilayah Bumi Serepat Serasan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI, Drs Soemarjono menyarankan OPD terkait agar lebih waspada.

“Tingkatkan lagi kesiapsiagaan seluruh petugas, agar disaat adanya kejadian kebakaran bisa cepat ditanggulangi,” saran Soemarjono. (Rd)