Beranda Berita Foto Tim SAR Gabungan Evakuasi WNA Penumpang Kapal Kandas di Ambang Luar

Tim SAR Gabungan Evakuasi WNA Penumpang Kapal Kandas di Ambang Luar

Basarnas Palembang melalui com centre’nya pada Jum’at (25/09) Pkl 10.10 Wib menerima informasi telah terjadi kecelakaan pelayaran kapal pengungsi WNA mengalami kandas di perairan ambang luar sungai musi Sumsel.

Kapal yang memuat 20 orang WNA ini pada pukul 10.00 wib dikabarkan kandas di perairan ambang luar sungai musi oleh seorang nelayan.

Berbekal informasi tersebut Tim Rescue Basarnas palembang dan ABK KN SAR Setyaki 202 juga pihak Lanal Palembang, Ditpolair Polda Sumsel, Korem Gapo 044 Palembang, Polresta Palembang, Imigrasi, Ksop,Disnav, SROP, KKP, BMKG, Dishub, BPBD, DKP, Dinkes, Dinsos, PMI, Orari, dan Rapi serta potensi SAR lainnya Segera melakukan Proses pencarian dan Pertolongan (Operasi SAR) menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) dan KN SAR Setyaki 202 menuju lokasi kecelakaan kapal tersebut.

Posko SAR di dermaga Pelabuhan Tanjung Api-Api pun segera dibuat dan Kepala Kantor Basarnas Palembang, Hery Marantika S.H, M.Si selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengambil Komando untuk mengerahkan Pergerakan Personil dan Alut yang terlibat dalam pelaksanaan operasi SAR tersebut.

Kecelakaan kapal ini merupakan rangkaian dari kegiatan latihan SAR daerah yang diselenggarakan oleh Basarnas Palembang, ini adalah skenario uji pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (SAR) sebagai kelanjutan dari kegiatan materi yang telah disampaikan dua hari ini, jelas Hery

“Pelaksanaan uji operasi SAR ini bertujuan untuk menguji Respons time, kesiapan, kemampuan personil serta alut dan meningkatkan koordinasi antara Basarnas palembang dengan potensi SAR saat operasi SAR terjadi. Salah satu Kriteria keberhasilan pelaksanaan operasi SAR selain kesiapan personil dan alut adalah kerjasama yang baik dengan potensi SAR yang berada di lapangan saat Pelaksanaan operasi SAR itu sendiri,” kata Hery

“Maka dari itu sebagai insan SAR yang baik, sudah seharusnya terus giat berlatih dan tentunya juga harus terus menjaga kekompakan dengan potensi SAR yang ada,” pungkas Hery.