Home Uncategorized Sepakat Wujudkan Satu Desa Satu Rumah Tahfiz

Sepakat Wujudkan Satu Desa Satu Rumah Tahfiz

Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA menggelar ramah tamah dan pembinaan ASN Lingkungan Kemenag Muaraenim bersama PLT. Bupati Muaraenim H. Juarsah SH di Balai Agung Serasan Sekundang, Muaraenim, Jumat (25/9) siang. Dimulai pukul 13.00 WIB, acara ramah tamah berlangsung penuh kehangatan dan keakraban.

Hadir dalam kegiatan antara lain Kabag TU Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil S.Ag M.Si, para Kepala Bidang dan Pembimas Kanwil Kemenag Sumsel, Kakankemenag Kabupaten Muaraenim H. Abdul Harris Putra S.Ag, M.Pd, Kakankemenag Kabupaten Banyuasin HM. Arkan Nurwahiddin S.Ag, M.Pd.I, KakankemenagKota Palembang H. Deni Priansyah S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Penukal Abab Lematang Ilir H. Hasanudin S.Ag, M.Pd.I, Kakankemenag Kota Lubuklinggau Drs. H. Azhari Rahardi M.Si, Kakankemenag Kabupaten Empat Lawang H. Makki Kamil S.Ag, M.Pd.I, Ketua DW Kanwil Kemenag Sumsel Dra. Hj. Sumalihah M.Pd, serta para tokoh agama, pimpinan pondok pesantren, dan tokoh masyarakat Muaraenim.

PLT. Bupati Muaraenim H. Juarsah SH dalam sambutannya mengaku bangga kedatangan tamu Kakanwil Kemenag Sumsel. Menurutnya, bagi masyarakat Muaraenim adalah sebuah kebanggaan karena Kakanwil merupakan asli orang Muaraenim, tepatnya dari Semende.

“Beliau adalah mamang saya. Isteri beliau adalah adik bungsu orangtua saya. Selamat datang pulang kampung di Bumi Serasan Sekundang yang sama-sama kita cintai ini. Kami ucapkan selamat atas amanah jabatan sebagai Kakanwil, yang baru dilantik pada 15 September lalu,” tutur Juarsah.

Menurut Juarsah, rasa syukur dan bangga sekaligus terpatri bagi masyarakat Muaraenim karena putra daerah mampu menduduki jabatan paling tinggi di Kementerian Agama Sumatera Selatan.

“Pemerintah Muaraenim sendiri memiliki banyak program di bidang keagamaan. Pemkab Muaraenim memberikan award berupa umroh bagi mereka yang berprestasi di bidang agama seperti juara MTQ dan lain sebagainya. Pemkab Muaraenim juga mendukung program Pemprov Sumsel untuk mewujudkan satu desa satu rumah tahfiz,” jelas Juarsah.

Kakanwil dalam sambutannya mengenang, pada tahun 1984 saat masih Kelas 2 MAN, dirinya diundang Bupati Muaraenim saat itu untuk mengikuti lomba di tempat ini. Dan hari ini dirinya dan Bupati Muaraenim yang juga putra daerah kini kembali ke tempat ini.

“Ini kehendak Allah SWT. Kita semua ingin daerah kita tercinta menjadi daerah yang agamis. Hari ini saya juga membawa para Pembimas sebagai bagian dari upaya untuk membina umat. Bukan hanya umat Islam, namun umat seluruh agama,” tuturnya.

Menurut Mukhlisudin, keberhasilan tidak sertamerta dapat peroleh. Harus ada usaha dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Dia juga meminta para ASN Kemenag tidak egois. “Berbuat baiklah untuk sesama dan umat, jangan hanya sukses untuk diri sendiri. Saya sangat kagum dengan program satu desa satu rumah tahfiz, yang dicanangkan Pemprov Sumsel dan Pemkab Muaraenim. Bayangkan bila di setiap desa ada rumah tahfiz. Untuk itu, saya minta di setiap madrasah ada rumah tahfiz. Juga para kepala KUA, agar di setiap desa di kecamatan masing-masing, ada rumah tahfiz,” tegas Mukhlisuddin.

Kegiatan ramah tamah bersama Bupati Muaraenim ini merupakan kegiatan penutup dalam kunjungan kerja Kakanwil ke Kabupaten Muaraenim. Sebelumnya, Kakanwil telah melakukan pembinaan bagi penyuluh agama Islam, dilanjutkan temu kangen bersama alumni MAN 1 Muaraenim, kunjungan ke MTSN 1 Muaraenim, dan kunjungan ke MIN 1 Muaraenim. Besok Sabtu, Kakanwil bersama rombongan akan mengadakan pembinaan ASN di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. (quds)