Peluang Usaha Ternak Lele, Berikut Caranya

    REHATNEWS, – Bagi anda yang bingung mencari ide usaha dengan modal kecil namun menjanjikan, peluang usaha ternak ikan lele boleh dicoba. Dengan modal kecil, namun hasilnya cukup menjanjikan.

    Nang, salah satu yang menjalani usaha ternak ikan lele. Warga Pasir Putih, Banyuasin Sumatera Selatan ini telah menjalani usaha ternak ikan lele dengan memanfaatkan halaman belakang rumahnya.

    Bermodal plastik hitam, Nang membuat kolam ikan tanpa menggali tanah, namun dengan membentangkan plastik meteran tersebut menjadikan persegi empat menyerupai kolam ikan.

    Setelah kolam dari plastik hitam terbentuk, selanjutnya memberi air dan diendapkan selama dua hari ditambah garam khusus ikan. Setelah dua hari diendapkan, barulah bibit ikan lele dicemplungkan.

    “Itu proses awalnya sebelum menaruh ikan di kolam,” kata Nang dibincangi RehatNews.com.

    Nang menjelaskan, agar perkembangan ikan lele cepat besar. Pemberian pakan harus teratur. Dia sendiri biasanya memberi pakan ikan tiga kali sehari.

    “Waktunya pagi, siang dan malam. Kalau malam biasanya saya kasih makan jam 10 malam,” kata Nang.

    Lebih lanjut, tak hanya itu saja, dalam proses ternah ikan lele, Nang menuturkan pentingnya proses sortir atau memilah ikan sesuai ukuran.

    “Kita harus rajin menyortir ikan. Misalnya dalam satu kolam itu kita tebar benih 1000 benih ikan lele dengan ukuran yang sama. Nah beberapa minggu kemudian, harus disortir, yang ukurannya lebih besar harus dipisah ke kolam lain, kalau tidak ikan yang kecil jadi makanan lele besar,” jelasnya.

    Dia sendiri, biasa panen ikan dalam waktu tak kurang dari 2 bulan. Ikan yang siap panen ukurannya dalam satu kilogram hanya berisi 6-7 ikan lele.

    “Satu bulan setengah biasanya panen, harga jual perkilogram 17 ribu,” ujarnya.

    Untuk penjualan, dia sudah memiliki pelanggan tetap yang siap memborong hasil panen.

    “Pernah dalam sekali panen itu tembus 1 ton, kalau dikalkulasikan uangnya mencapai Rp 17 juta,” tukasnya. (ar)