Beranda Muba Hadiri Rakernas APKASI, Pj Bupati Apriyadi Pertanyakan Nasib Honorer

Hadiri Rakernas APKASI, Pj Bupati Apriyadi Pertanyakan Nasib Honorer

BOGOR– Surat Edaran Menpan-RB terkait penghapusan tenaga honorer mulai 28 November 2023 nanti menjadi perhatian serius Pj Bupati Muba Drs Apriyadi MSi.

Betapa tidak, tercatat ada ribuan honorer atau PTT di lingkungan Pemkab Muba, hal ini membuat keprihatinan Pj Bupati Muba Apriyadi apabila penghapusan tenaga honorer mulai di implementasikan.

“Jadi harus ada pertimbangan terkait surat edaran tersebut, jangan sampai menimbulkan persoalan baru akibat penghapusan honorer,” ungkap Pj Bupati Muba Apriyadi di sela kegiatan Rakernas XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2022 di Hotel Pullman Vimala Ciawi Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Apriyadi, honorer mempunyai peran dan andil dalam mendongkrak akselerasi pelayanan Pemerintahan. “Prinsipnya harus ada solusi dan perlu dikaji seksama,” ujar Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya itu.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Muhammad Tito Karnavian PhD merespon terkait rencana penghapusan tenagar honorer. “Terkait ini (penghapusan honorer) kami sudah diskusi di level nasional dan sudah disampaikan ke Presiden,” ungkap dia.

Mantan Kapolri ini menegaskan, harus ada solusi terkait rencana penghapusan tenaga honorer. “Jangan sampai menimbulkan sesuatu yang tidak kondusif, dalam kesempatan ini nanti saya minta agar terkait persoalan solusi penghapusan tenaga honorer ini disampaikan secara resmi,” ulasnya.

Lanjutnya, APKASI bukan asosiasi kaleng-kaleng dan memiliki jumlah anggota yang luar biasa besar yakni 416 anggota dari Kabupaten di Indonesia.

“Saya berharap agar seluruh Bupati yang tergabung dalam APKASI dalam kegiatan Rakernas dapat menghasilkan konsep yang baru,” ungkap dia.

Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucapkan terina kasih kepada para para Bupati yang telah menghadiri rangkaian Rakernas XIV APKASI.

“Kita harapkan melalui Rakernas ini mempunyai solusi terbaik terkait rencana penghapusan tenaga honorer dan hal lainnya serta program kerja APKASI yang berdampak positif,” harapnya.

Turut mendampingi Pj Bupati Apriyadi menghadiri Rakernas XIV APKASI yakni Kepala Disdagperin Azizah SSos MT, Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP diwakili Kepala Bidang Komunikasi Publik Yettria SKM MSi, dan Plt Kabag Protokol Rangga Perdana Putera SSTP.

Dalam rangkaian Rakernas XIV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Tahun 2022 turut dihadiri Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas, Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.