Home Uncategorized Tingkatkan Layanan Listrik Bayung Lencir, Pemkab Muba Mulai Uji Coba PLTU

Tingkatkan Layanan Listrik Bayung Lencir, Pemkab Muba Mulai Uji Coba PLTU

BAYUNG LENCIR- Upaya Penyelesaian permasalahan kelistrikan serta peningkatan layanan kelistrikan di Kabupaten Musi Banyuasin terus gencar dilakukan kali ini Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tepatnya di Kecamatan Bayung Lencir, untuk pertama kalinya melakukan uji coba aliran tegangan listrik (energize) dari DSSP Power PLTU Sumsel 5 ke town feeder Transformer (TFT), Kamis (17/9/2020) di Desa Sindang Marga Kecamatan Bayung Lencir.

Pada acara uji coba yang dihadiri Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Sekretaris Daerah Muba Drs H Apriyadi MSi mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah terkait dalam proses pembangunan ini, karena aksinya dan berkat kegigihan nya semua ini bisa terlaksana. Untuk itu mari kita support dan saling menjaga.

“kegiatan pembangunan pembangkit listrik tenaga uap sumsel 5 kapasitas 2×150 MW, Di Desa Sindang Marga telah selesai dilaksanakan dan diharapkan pembangunan PLTU ini dapat bermanfaat kepada masyarakat Musi Banyuasin dikarenakan lokasi pembangunan ada di Kabupaten Musi Banyuasin,Ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin juga meminta bantuan dari Camat, Kades dan masyarakat Kecamatan Bayung Lencir untuk menjaga objek vital infrastruktur ketenagalistrikan di Kecamatan Bayung Lencir. Dan dapat membantu pembersihan tanam tumbuh jalur listrik sehingga kehandalan pasokan listrik tetap terjaga.

Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan uji coba aliran tegangan listrik kapasitas 3 MW, sekaligus melakukan peninjauan, dan ini adalah bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, PT. PLN dan DSSP Power serta pihak telah terkait dalam menyelesaikan permasalahan listrik di Kabupaten Musi Banyuasin khususnya di Kecamatan Bayung Lencir.

“Semoga uji coba aliran listrik ini dapat mengatasi permasalahan listrik di Kabupaten Musi Banyuasin terutama Di Kecamatan Bayung Lencir. Dan untuk kedepannya dapat menjadi contoh untuk penyelesaian masalah aliran listrik di Desa-desa lainya,”Tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Muba Sugonda meyampaikan rasa terima kasih kepada pihak yang sudah tekait dalam proses pembangunan ini, karena sudah membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Sampai ke proses uji coba ini bukanlah hal yang mudah, karena ada proses yang cukup panjang telah di lewati. Untuk itu bagi masyarakat selamat menikmati semoga kedepannya keadaan listrik di desa-desa Kecamatan Bayung Lencir semakin membaik dan tidak ada kendala,”Ucapnya.

Pimpinan PT DSSP Power Sumsel Ghazali dalam laporannya menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung keinginan masyarakat untuk mendapatkan aliran listrik secara normal tanpa adanya pemadaman secara bergiliran. Dengan usaha dan doa kita wujudkan keinginan itu secara perlahan tapi pasti.

“Untuk menormalkan aliran listrik, ada beberapa hambatan salah satu pandemi COVID-19. Sehingga pelaksanaan yang di rencanakan dibulan Agustus belum terlaksana. Baru bisa terealisasi sekarang,”Ungkapnya.

PT DSSP Power Sumsel Merupakan perusahaan pengembang listrik swsta (independent power producer/IPP) PLTU berkapasitas 2×150 MW yang merupakan anak perusahaan tidak langsung dari PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA), salah satu perusahaan Grup Sinar Mas yang berfokus pada bisnis energi dan infrastruktur.

Senior Manager Distribusi PLN Jhoni menambahkan bahwa yang membenarkan bahwa uji coba ini direncanakan pada Bulan Agustus, tetapi untuk hasil yang cukup sempurna ini baru bisa teralisasi Bulan September. Sebelum di lakukan uji coba sudah dilakukan pengontrolan secara rutin hingga pukul 01:00 tadi malam.

“Setelah ada beberapa catatan hasil uji yang kami lakukan dari hari Senin, Selasa, dan Rabu kemarin sudah sesuai dengan standar peralatan ataupun standar yang sudah ditetapkan. Adapun uji coba ini akan kita lakukan secara bertahap ke seluruh desa yang ada di Kecamatan Bayung Lencir,”Pungkasnya.