Home Sumsel Tempat Wisata di Sumsel Tutup, Kunjungan Wisata Turun

Tempat Wisata di Sumsel Tutup, Kunjungan Wisata Turun

jembatan Ampera ikon kota Palembang

Palembang – Sejumlah tempat wisata di Sumatera Selatan ditutup bertahap sejak sebelum lebaran hingga saat ini. Penutupan tempat pariwisata ini dilakukan guna mencegah kerumunan masyarakat yang berpotensi terhadap penyebaran virus corona (COVID-19).

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Aufa Syahrizal, menyebut kawasan wisata terpaksa ditutup berdasarkan zona penyebaran COVID-19. Kondisi ini tentunya menurunkan minat kunjungan.

“Tingkat kunjungan turun hingga 65 persen sejak pandemi. Sesuai anjuran pemerintah dalam upaya menahan dan mencegah penyebaran COVID-19, “ katanya, Senin (17/5/2021).

Aufa mengatakan, penutupan sementara ini akan menyesuaikan kondisi wilayah. Penutupan objek wisata di Sumsel seperti di Palembang, Danau Ranau di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan kawasan lain berdasarkan zona.

Menurut Aufa, kebijakan ini diambil untuk mencegah timbulnya cluster baru agar tidak meluas, hingga ke kawasan lain. Pihaknya berupaya meningkatkan okupansi pariwisata, yakni dengan program staycation.

“Staycation sangat membantu karena dapat memanfaatkan fasilitas hotel untuk berlibur. Program ini meningkat hunian hotel rata-rata mencapai 80 persen cukup signifikan dan akan berlangsung hingga 30 juni 2021 mendatang,” katanya.