Beranda Sosial Gandeng PPDI Muba, Kemenpora RI Latih Disabilitas Buat Karangan Bunga

Gandeng PPDI Muba, Kemenpora RI Latih Disabilitas Buat Karangan Bunga

RehatNews – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menggandeng organisasi perkumpulan penyandang disabilitas Indonesia kabupaten Musi Banyuasin (PPDI Muba) memberikan pelatihan kepada penyerang disabilitas di kabupaten Muba.

Pelatihan membuat usaha papan bunga yang difasilitasi oleh kementerian kemenpora ini, guna meningkatkan sumber daya manusia(SDM) khususnya bagi pemuda penyandang disabilitas agar mampu mandiri dalam meningkatan taraf hidup.

Pelatihan sendiri, resmi dibuka oleh plt Asisten Deputi Tenaga dan peningkatan sumber daya pemuda pada deputi pemberdayaan pemuda kemenpora RI DR.H.Amar Ahmad ,M.SI.

Pihaknya, menyambut baik kegiatan pelatihan foto karangan bunga, apa yang sudah dilakukan oleh teman-teman penyandang disabilitas di Musi Banyuasin, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan ruang yang sama terhadap pengembangan soft skill dari penyandang disabilitas.

“jadi tidak hanya teman -teman kita yang normal saja yang diberikan ruang untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang sifatnya untuk peningkatan keterampilan tapi juga diberikan kesempatan yang sama kepada sahabat-sahabat kita penyandang disabilitas,”ungkap Amar Dalam sambutan pembukaan pelatihan melalui Media Zoom, Sabtu (17/9).

Dikatakannya, dari pelaksanaan pelatihan ini tentu kita berharap bahwasanya kegiatan seperti ini dapat memberikan pencerahan dan peningkatan taraf hidup keterampilan ini menjadi penting untuk juga menambah tingkat perekonomian dari masing-masing peserta penyandang disabilitas.

Sehingga, jika ada keterampilan yang ada apalagi seperti membuat rangkaian bunga ini atau papan bunga tentu akan banyak lagi peluang-peluang usaha yang bisa kita lakukan jadi tidak hanya satu atau dua saja yaitu usaha yang bisa kita kembangkan tapi ada beberapa unit usaha yang bisa kita kembangkan.

“ini salah satu dari komitmen kementerian pemuda olahraga untuk mengembangkan itu oleh karena itu terima kasih atas kehadiran semuanya termasuk dari perwakilan Dispora dan juga tentu dari Organisasi PPDI dan semua yang hadir mudah-mudahan acara yang diselenggarakan bekerja sama dengan kemenpora ini bisa memberi manfaat sebesar-besarnya untuk seluruh peserta,”imbuhnya.

Sementara, salah satu peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut isra mengatakan dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pihak dan organisasi PPDI yang telah memberikan bekal keterampilan bagi kawan-kawan penyandang disabilitas.

“Ke depan harapan kami agar pelatihan seperti ini terus berlanjut dengan tema bidang usaha yang lain, sehingga bisa menambah wawasan dan ilmu keterampilan dan keahlian lainya bagi kawan-kawan penyandang disabilitas yang lain,”imbuhnya.

Sekedar infomasi, kegiatan pelatihan yang difasilitasi oleh Kemenpora RI, pelatihan keterampilan pemuda berkebutuhan khusus pembuatan papan bunga atau Floris diikuti oleh sekitar 50 peserta menyerang disabilitas hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari dinas pemuda dan olahraga kabupaten Muba perwakilan dari dinas sosial kabupaten kuba serta pengurus organisasi penyandang disabilitas kabupaten Muba.(fiz)