Home Pagaralam Empat UMKM Pagaralam Terima Sertifikat Halal

Empat UMKM Pagaralam Terima Sertifikat Halal

REHAT.CO.ID – Sebanyak 4 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pagaralam mendapat sertifikat halal secara gratis. Adapun empat UKM yang mendapatkan sertifikat, yakni UMKM Kopi Ayin, ‎UMKM Mba Iiss, UMKM Kawah Dempo, dan UMKM Putra Abadi. Pemberian sertifikat dilakukan langsung Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, UKM dan PP Kota Pagaralam, Saidi Amrullah, Senin (6/8).

 

Menurut Saidi, sertifikat halal yang diberikan merupakan program sertifikat gratis yang diprogramkan Kementerian Koperasi dan UKM. “Tentunya ini akan berdampak terhadap penjualan produk UMKM. Kepercayaan pelanggan akan meningkat,” ujar Saidi saat dibincangi wartawan.

 

Dijelaskannya, UMKM yang mendapat sertifikat halal sudah melalui proses pelatihan. Untuk memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Tim dari MUI lalu melakukan peninjauan ke lapangan. Setelah syarat terpenuhi, barulah diterbitkan sertifikat halal,” katanya.

 

Kepala Seksi (Kasi) Fasilitas Pembiayaan Bidang Koperasi dan UKM, Yesi Asmara, mengatakan tahun ini, pihaknya mengajukan peresmian merek atau brand UMKM di Kota Pagaralam sebanyak 20 item. Kemudian, pihaknya juga mengajukan indikasi geografis kopi robusta Pagaralam. Hal ini dilakukan agar produk kopi menjadi lebih baik.

 

“Jelas setiap daerah memiliki keunggulan berbeda-beda. Kopi Pagaralam dan lainnya akan berbeda. Untuk itulah, kami melakukan indikasi geografis karena lokasi akan sangat menentukan rasa dan aroma. Upaya ini kita lakukan berdasarkan dari informasi Badan Ekonomi Kreatif Pusat yang ada tenaga yang ahli dibidangnya,” tegasnya.

 

Sementara itu, salah seorang pengelola UMKM, Iis mengatakan dengan adanya sertifikat halal ini jelas akan menambah kepercayaan konsumsen.“Hasil olahan makanan yang kami buat tidak hanya dijual di Kota Pagaralam. Namun, pemasarannya sudah sampai Palembang. Dengan adanya sertifikat halal ini kami lebih yakin dan percaya diri terhadap hasil olahan kami,” pungkasnya. (DHD)