Home Sumsel DPRD Sumsel Beberkan Rekomendasi untuk Gubernur

DPRD Sumsel Beberkan Rekomendasi untuk Gubernur

Rapat paripurna XXVIII DPRD Prov Sumsel, Senin (3/4/2021).

REHATNEWS, – DPRD Sumsel menyampaikan sederet rekomendasi terkait laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sumsel tahun 2020. Hal.ini tertuang dalam  rapat paripurna XXVIII DPRD Prov Sumsel, Senin (3/5/2021).

Dalam laporannya Tim Perumus Rekomendasi yang dibacakan, Ahmad Firdaus Ishak SE MSi mengatakan, dalam rangya terwujudnya otonomi daerah dalam menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggungjawab, transparansi serta mempu menjawab tuntutan perubahan secara efektif, maka kepala daerah wajib melaporkan penyelengaraan daerah kepada DPRD. Selanjutnya dewan akan melakukan check and balance yang seimbang terhadap kegiatan tersebut.

“Berdasarkan pembahasan yang dilakukan pansus di DPRD Sumsel, maka didapat sejumlah rekomendasi yang diharapkan bisa menjadi pertimbangan bagi pemerintan dalam membangun daerah,” ujarnya.

Untuk bidang pemerintahan tim perumus merekomendasikan agar setiap OPS melakukan peningkatan kerja dan koordinasi antar instansi yang lebih baik, serta melakukan inovasi dalam melaksanakan tupoksinya.

Selain itu OPD juga diminta untuk menyeragamkan dan menggambarkan kinerja OPD dalam menjalankan tugas, fungsi dan target capaian program dalam satu tahun. “Kami juga minta adanya penbgkatan kualitas SDM dan disiplin aparatur yang profesional dan berdaya guna untuk melaksanakan tupoksinya,” kata Firdaus.

Rapat paripurna XXVIII DPRD Prov Sumsel, Senin (3/5/2021).

Untuk bidang perekonomian, tim perumus rekomendasi DPRD Sumsel juga memberikan 13 rekomendasi untuk Pemprov Sumsel. Beberapa diantarabya adalah dukungan bagi pemprov untuk pengadaan 1000 tenaga penyuluh tanaman pangan, diharapkan penyuluhan yang sama juga direkrut untuk petugas hama penyakit tanaman, petugas benih,petugas peternakan dan lainnya.

Untuk lebih meningkatkan lagi sektor pertanian, DPRD Sumsel juga meminta agar pemerintah provinsi membangun pasar pelelangan hasil perkebunan atau UPPB disetiap desapenghasil karet yang diketuai pemerintahan setempat. “Kami juga menghimbau pemprov untuk memberikan bantuan bibit pertanian dan perkebunan kepada rakyat,” ujarnya.

Menanggapi sejumlah rekomendasi tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan terimakasih atas laporan pembahasan dan penelitian yang disampaikan pansus DPRD Sumsel terkait LKPJ Gubernur tahun 2020, yang selanjutnya menghasilkan sejumlah rekomendasi atau catatan disejumlah bidang.

“Semua catatan dan rekomendaai yang disampaikan pansus DPRD Sumsel akan menjadi perhatian kami, dan akan dktindaklanjuti penyempurnaanta sesuai target pembangunan yang telah ditetapkan,” ujarnya.(ADV)