Home Sosial Giliran Jamaah Masjid Hamamatussalam Disambangi H Halim

Giliran Jamaah Masjid Hamamatussalam Disambangi H Halim

Safari Dakwah Ramadhan Protokol Kesehatan (Sadar Prokes) Kms H Abdul Halim Ali

REHATNEWS, PALEMBANG – Rangkaian pelaksanaan Safari Dakwah Ramadhan Protokol Kesehatan (Sadar Prokes) Kms H Abdul Halim Ali memasuki hari kesepuluh. Kali ini giliran menyambangi Masjid Hamamatussalam di Jl Merpati Kelurahan Duku Kecamatan Ilir Timur (IT)-1 pada Jum’at (30/4) malam.

Disini, H Halim seolah mengenang memori belasan tahun silam dimana dia diserahi amanah untuk melanjutkan renovasi Masjid Hamamatussalam yang awalnya merupakan sebuah langgar ini.

“Kalau melihat lingkungan sekitar Masjid Hamamatussalam yang saat ini sudah dikelilingi bangunan-bangunan rumah yang megah. Maka jika tidak dirawat dan di makmurkan melalui kegiatan ibadah bukan tidak mungkin ke depan bangunan masjid ini akan hilang. Ini termasuk salah satu bangunan masjid bersejarah karena awalnya dibangun oleh sejumlah sarjana dan insyinyur,” ungkap H Halim.

Sementara, terkait ajakannya agar jamaah mematuhi prokes untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19, Halim mengaku dirinya tidak punya kepentingan apapun.

“Ini aku lakukan semata-mata untuk mengingatkan kepada umat muslim di Sumsel. Utamanya jamaah masjid yang aku bangun dan renovasi, ini untuk kebaikan dan kesehatan kita sendiri,” imbuh H Halim saat memberikan sambutan sesaat sebelum pelaksanaan sholat tarawih berjamaah.

Disampaikannya, umat muslim patut bersyukur karena tahun ini akhirnya bisa diperbolehkan untuk kembali melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid dan musholla. Karena, tahun laku pada saat Covid-19 ini baru merebak aktivitas ibadah hanya boleh dilaksanakan di rumah masing-masing atau diistilahkan dengan Pray From Home (Ibadah dari rumah).

“Saya mohon sekali ini patuhi anjuran pemerintah untuk mengenakan masker dan menjaga jarak. Kalau mencuci tangan selaku umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah pastilah harus suci dari hadats besar dan hadats kecil, termasuk menjaga kebersihan tangan,” sebut pengusaha yang dikenal karena kedermawanannya ini.

Sementara itu, Ketua Masjid Hamamatussalam, Drg M Yusuf menyebut sebagai seorang dokter dirinya selalu mengimbau kepada setiap jamaah untuk mematuhi prokes. “Kami disini juga punya alat steril khusus, bahkan secara rutin setiap hari seluruh kawasan masjid kita semprotkan cairan desinfektan agar semua bakteri termasuk virus bisa mati,” urai Yusuf.

Di kesempatan itu, Yusuf menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Kms HA Halim beserta tim Sadar Prokesnya ke Masjid Hamamatussalam yang telah cukup lama di elu-elukan para jamaah. Hal senada disampaikan salah seorang jamaah, Aisyah (54) yang menyebut takjub sekaligus senang dengan kedatangan H Halim.

“Senang pastinya terlebih karena beliau sekaligus mengkampanyekan penegakan prokes dalam melaksanakan ibadah sholat tarawih. Semoga beliau senantiasa diberikan kesehatan oleh allah SWT,” imbuh Aisyah. Dan seperti biasanya, usai melaksanakan sholat tarawih H Halim juga memberikan bingkisan dan bantuan uang tunai kepada pengurus Masjid Hamamatussalam