Home Pendidikan Hardiknas Masih Sisakan PR Sarana Prasarana Hingga Sebaran Guru yang belum Merata

Hardiknas Masih Sisakan PR Sarana Prasarana Hingga Sebaran Guru yang belum Merata

REHATNEWS – Bertepatan dengan hari pendidikan nasional pada 2 Mei, dunia pendidikan masih menyisakan banyak pekerjaan rumah (PR) khusunya di Sumsel.

“Apalagi dari beberapa SMA dan SMK yang kami datangi masih banyk PR untuk dunia pendidikan kita mulai dari sarana prasarana pendidikan yang tidak merata disetiap sekolah misalnya masih ada sekolah yang belum memiliki ruang laboratorium untuk siswa, ada sekolah yang masih kekurangan ruang belajar, bahkan ada yang belum memiliki pagar sekolah,” kata Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Mgs Syaiful Padli, Sabtu (2/5).

Ditambah lagi masalah SDM dimana ada kondisi hanya ada 1 guru PNS disekolah tersebut sementara sisanya berstatus guru honorer.

“Guru honor ini karena sebaran yang tidak merata untuk Guru PNS yang ada,” tambah Syaiful.

Dari sekian banyak SMA dan SMK di Sumsel yang kerap dia kunjungi, yang selalu menjadi curhatan adalah para guru honor bahkan ada yang sampai menangis mengadukan nasibnya sebagai guru honor yang mengabdi puluhan tahun tapi dengan gaji yang tidak mencerminkan dengan keringat yang dikeluarkan.

“Kado Untuk Peringatan Hari Pendidikan Nasional hari ini gaji guru honorer bisa di pakai dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) walaupun belum memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) sesuai dengan permendikbud 19 tahun 2020 tentang Dana BOS,” kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel ini.

Dia berharap, semoga kedepan pemerintah lebih bijak lagi dalam hal penanganan dunia pendidikan.

“Padahal UU No 20 tahun 2003 tentang Pendidikan disebutkan pemerintah daerah wajib mengalokasikan anggaran sebesar 20% dari APBD untuk pendidikan,” katanya.

Khususnya untuk kesejahteraan guru honor akan menjadi perhatian serius dari Fraksi PKS DPRD Sumsel.

“Kami berharap kedepan pemerintah dapat memberikan gaji yang layak khususnya untuk bapak dan ibu guru honor,” “SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2020,” katanya.